Selasa, 23 Juli 2013

Pediatric-FCCS Course

 

Pediatric-FCCS Course

     
        Berikut ini pengalaman saya mengikuti P-FCCS di Bali tanggal 02 – 03 Juli 2013 di Discovery Kartika Plaza, BALI. Ikut kursus P-FCCS pada periode ini menurut saya menguntungkan, karena tempatnya bagus, pastinya mahal, sekalian jalan-jalan ke Bali liat pantai Kuta. Saya juga sekalian ikut The 20th INTERNATIONAL SYMPOSIUM ON CRITICAL CARE AND EMERGENCY MEDICINE 2013 yang merupakan simposium tahunan dokter-dokter intensif di hotel yang sama selama dua hari dari tanggal 4 s/d 5 Juli 2013. Seperti biasa sebelumnya saya mendaftarkan diri dulu 1 bulan sebelumnya langsung ke sekretariat ISICM/Perdici:
Gedung Makmal 2nd Floor
Komplek FKUI
Jl. Salemba Raya No.6
JAKARTA PUSAT
Phone: +62-21-31909033 / 68599155
Fax: +62-21-31909033
Email: info@perdici.org
           Setelah daftar, tentunya diminta mentransfer 3,5 juta langsung, terus slipnya diemail atau di fax, trus 2 hari kemudian buku langsung dikirim lewat JNE/Tiki. Ada waktu 1 bulan untuk baca buku ini, untuk persiapan pre-test, tapi karena bahannya banyak, saya langsung baca summarynya aja he4x...tentunya kalo ke Bali pastinya pake pesawat, sou...kami pesen tiket 1 bulan sebelumnya, dan untungnya dipesan sebelum naik harga BBM, jadi ga begitu mahal. Karena belum pesan hotel, sesampai di bandara ngurah rai, langsung ambil taksi, langsung ditembak pak sopir harga 70.000 rupanya ga pake argo, untung sopirnya baik, kami cari hotel disekitar Kuta, dan tampaknnya udah pada penuh, akhirnya kami nginep di hotel Melasti harga 800 ribu per malam, karena kurang sreg besoknya kami pindah ke hotel Eden yang baru bangun, lumayan bagus, modern, lebih murah juga, 515ribu+paket sarapan jadi 660ribu. Pada hari pertama kursus, seperti biasa, registrasi ulang dan pre-test, soal pre-test kasus semua, sama seperti soal FCCS. Kemudian dibuka oleh dr.Tantani Sugiman, Sp.An., KIC, lanjut dengan masuk materi sbb:
- Diagnosis and Management of Respiratory Failure
- Cardiovascular Evaluation and Management of Shock
- Fluids and Electrolyte
- Diagnosis and Management of Acute Infections
- Neurologic Emergencies
- Sedation, Analgesia and Pharmacologic Management
- Post Operative Care
- Management of Trauma and Children
- Transport of the Critically ill Child
SKILL STATIONS
- Airway Evaluation and Management
- Mechanical Ventilation
- Cardiovascular Evaluation and Shock
- Sedation and perioperative management station
- Invasive Device Evaluation and Potential Complications

       Skill station yang menarik adalah mengenai obat-obat premedikasi saat intubasi. Oya...sekarang yang direkomendasikan adalah rapid sequence intubation (RSI), tidak diperkenankan melakukan intubasi tanpa premedikasi, walaupun saya juga pernah melakukannya, apalagi bayi atau neonatus yang notabene tidak ada resistensi, main langsung aja he5x......Oleh karena itu premednya dibagi berdasarkan keadaan pasien seperti: sesak (asma, ppok, dll), syok, TTIK (peningkatan tekanan intrakranial), kejang, dan trauma.
       Disini juga diajarkan tentang setting ventilator, pesan yang penting pada topik ini adalah resep settingan kita harus kita evaluasi terus dan selalu titrasi (diturunkan bila sudah tercapai atau dinaikkan bila belum tercapai), hal ini sama ketika kita menangani hipertensi emergensi maka tidak boleh diberikan antihipertensi oral harus intravena, karena bisa dititrasi dosis obatnya sebab target satu jam pertama hanya boleh turun 20% dari tensi awal. Bila tidak sesuai resep setting ventilator dengan outputnya maka kita segera lakukan cek DOPE (dislodge/displacement ETT, obstruction/sumbatan seperti plug pada selang, pneumotoraks --> cek adakah suara nafas hilang dll, Environment--> cek sirkuit vetilatornya).
        Setelah selesai dua hari kursus maka kita semua mengikuti post test, dan kelulusan minimal adalah 70%, remedial bila 70%-40% dan mengulang kursus bila nilai kurang dari 40%. Alhasil, walaupun tidak ada waktu belajar, karena abis kursus jalan-jalan keliling Bali.....nilaiku ga begitu jelek amat, 80% dan saya foto buat kenang-kenangan, nama saya ada pada nomor 3...he5x..........
       Sebenarnya PFCCS mirip dengan PALS (Pediatric Advanced Life Support), bila keduanya udah diikuti maka tentunya akan membuat kita yang jaga ICU lebih bertambah wawasannya.
        Buku pdf  PFCCS belum ada, tapi bila ingin memiliki pdf PALS silahkan download di sini:



1 komentar:

  1. Siang dok mau tanya kalau PALS di Indonesia diselanggarakan oleh siapa dan bagaimana mendaftarnya? Thx

    BalasHapus