Jumat, 21 Desember 2012

The Amazing Spiderman

The Amazing Spiderman

       Film Amazing Spiderman, merupakan film yang diambil dari penelitian yang sedang dilakukan mengenai hewan salamander (Axolotl) yang memiliki kemampuan untuk beregenerasi bila kakinya dipotong. Kemampuan yang sangat luar biasa dari salamander ini sangat menjanjikan dalam dunia medis, karena bila diketahui secara pasti mekanisme dan gen yang membuat proses regenerasi tersebut dan dapat pula diterapkan pada manusia maka dapat menyelamatkan jutaan manusia yang sedang sakit, contohnya bila kaki sudah diamputasi akibat ganggren diabetikum maka dapat diregenerasikan kaki baru.

        Konsep ini pun menyebabkan mimpi manusia untuk bisa hidup selama-lamanya (manusia abadi) menjadi terbuka seperti di film Berakin Dong II...eh salah maksudnya Breaking Down II, dimana para pemainnya bisa hidup ribuan tahun. Pada film ini masih menyimpan kesulitan yang belum terpecahkan yaitu menggabungkan atau mengkloningkan gen salamander dengan gen manusia.
         Proses penggabungan ini sepertinya mustahil....hal ini sama seperti bantahan terhadap teori evolusi yang diutarakan Charles Darwin, bahwa manusia berasal dari kera. Secara ilmu genetika, jumlah, struktur, dan pemetaan gen manusia dan kera sangat berbeda, dan dapat disimpulkan bahwa tidak mungkin manusia berasal dari kera. Jumlah kromosom manusia, masih ingat waktu belajar biologi SMA dulu?, 23 pasang (46), sedangkan kera berjumlah 42 (21 pasang). Jadi tidak mungkin tiba-tiba jumlah kromosom kera bertambah menjadi 46 sehingga menjadi manusia, karena setiap kromosom mengandung materi genetik yang berfungsi untuk pembentukan dan regulasi organ tertentu yang sangat spesifik. Hal yang sama juga dapat disimpulkan, bahwa sangat kecil kemungkinan melalui rekayasa genetika gen salamander yang bisa melakukan regenerasi dapat dikloningkan kepada manusia. Berbeda hal bila yang diklonkan adalah stem sel manusia sendiri, seperti yang sedang dikembangkan.
         Walaupun demikian, kita tidak tahu ke depan, dengan teknologi yang canggih itu dapat mengklonkan materi genetik berbeda spesies bahkan antar mahluk hidup, seperti hewan dengan tumbuhan, tumbuhan dan manusia....we don't know...
Berikut ini link untuk melihat hewan salamander tersebut:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar